Menginspirasi, Ini Kisah 5 Mahasiswa Yang Sukses Jadi Pengusaha Muda

Untuk menjadi seorang pengusaha, generasi milenial juga perlu belajar entrepreneurship. Pelajaran ini bisa didapatkan dibangku sekolah maupun kuliah, untuk mendapatkan ilmu entrepreneurship mereka tidak harus mengambil jurusan manajemen ataupun bisnis. Hal tersebut dikarenakan untuk menjadi seorang pengusaha tidak harus selalu lulusan manajemen ataupun bisnis, di semua bidang ilmu bisa terdapat peluang bisnis. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa jurusan teknologi informasi untuk mulai berbisnis. Pendidikan dan dunia kerja bukan hanya untuk menyiapkan lulusan yang siap kerja karena memiliki keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan dunia industri. Pendidikan mesti juga melatih lulusan untuk mampu mandiri menjadi wirausaha yang membuka lapangan kerja bagi dirinya maupun orang lain.

Jika kamu termasuk salah satu di antara calon pebisnis muda ini, maka hal tersebut tentu sudah bisa dilihat dari pola pikir dan juga berbagai kebiasaan yang kamu lakukan selama ini. Sandiaga mengingatkan 60 persen Produk Domestik Bruto nasional digerakkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah . “Mereka ini juga memberi kontribusi 97 persen lapangan pekerjaan di Indonesia dan menyumbang 99 persen terhadap pertumbuhan ekonomi,” kata Sandiaga Uno. Menurut penuturannya, ide usaha yang beralamat di Desa Mojoarum, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ini diperoleh dari berbagai kegiatan perkuliahan dan praktikum di kampusnya, khususnya mata kuliah Kewirausahaan serta Botani.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Kegagalan bisa menjadi bahan evaluasi dan tentu saja menjadikan anda tidak ingin mengulanginya lagi. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Perhubungan telah menyiapkan sarana dan prasarana transportasi, Komunikasi dan Informasi serta penataan perparkiran pada badan jalan yang memadai dari tahun ke tahun. Walaupun anggaran yang ada sangat terbatas, namun dengan adanya upaya penyediaan dana dari berbagai sumber lainnya, program yang telah ditetapkan dapat dilaksanakan.

Desain grafis tak kalah menarik untuk dijadikan peluang bisnis mahasiswa untuk meraup keuntungan tinggi. Selain hasilnya tidak hanya dibutuhkan untuk media cetak, kini telah banyak media on-line yang juga membutuhkan jasa desain grafis. Mulai untuk kebutuhan personal branding, hingga jejeran bisnis. Apalagi mahasiswa cenderung memiliki fleksibilitas waktu jam kuliah untuk bisa diisi dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya dengan berbisnis. “Maka saya buat aturan tak bolehkan santri jadi PNS di daerah mayoritas muslim,” tegasnya.

Sebagai pendidik harus bisa mengubah mindset mahasiswa supaya pada saat lulus tidak mencari pekerjaan, namun mampu sudah memiliki pekerjaan dan menciptakan peluang kerja bagi orang lain,” papar Bahri, yang juga sebagai Narasumber. Pentingnya wirausaha bagi kesejahteraan suatu bangsa tidak lagi diragukan kebenarannya. Sehingga menambah jumlah wirausaha di sebuah negara termasuk Indonesia menjadi kunci untuk bangsa yang sejahtera. Dalam ranah pendidikan, persoalannya menyangkut bagaimana dikembangkan praksis pendidikan yang tidak hanya menghasilkan manusia terampil dari sisi ulah intelektual, tetapi juga praksis pendidikan yang inspiratif-pragmatis. Praksis pendidikan, lewat kurikulum, sistem dan penyelenggaraannya harus serba terbuka, eksploratif, dan membebaskan. Tidak hanya praktis pendidikan yang link and match , yang lulusannya siap memasuki lapangan kerja, tetapi juga siap menciptakan lapangan kerja.

Mereka dapat berdiskusi tentang ide wirausaha, masalah yang dihadapi dan cara-cara mengatasi masalahnya. Pendidikan formal dan pengalaman bisnis kecil-kecilan yang dimiliki oleh seseorang dapat menjadi potensi utama untuk menjadi wirausaha yang berhasil. Di negara lain motivasi utama mendirikan bisnis bukan mencari uang semata akan tetapi karena faktor lingkungan yang banyak dijumpai berbagai macam perusahaan, lingkungan semacam ini sangat mendorong pembentukan kewirausahaan. Pernyataan Menteri Enggartiasto yang bersedia melibatkan Kementerian Perdagangan secara langsung dalam mencetak pengusaha muda di Sumatra Barat ini mestinya menjadi motivasi dan modal semangat untuk berkiprah. Khoirul memulai karirnya sebagai wirausaha sejak tahun 2015 dengan modal Rp a hundred and fifty ribu.

Penfavorit warna ungu dan penyuka Nasi Goreng buatan ke dua orang tuanya dan kikil olahan ibunya ini mengungkapkan bahwa ia hobi menyulam sejak beberapa bulan ke belakang. Karena dengan menyulam dan merajut ia bisa menghias kamar agar terasa lebih nyaman, dan ke depan bisa menjadi sebuah peluang bisnis. Bahwa di dalam diri mereka tidak ada tekad yang kuat untuk menjadi wirausahawan. Padahal tekad ini yang nantinya mendorong diri untuk masuk dalam dunia wirausaha.

Hal ini turut didukung dengan fleksibilitas waktu dan tenaga ekstra yang memungkinkan mahasiswa untuk mencoba peruntungan melalui kegiatan bisnis. Iik mengaku bahwa usahanya sukses karena adanya bimbingan dari lembaga BSI Entrepreneur Center yang selalu memonitoring dirinya dalam mengembangkan usaha. Hazhifa.dekor merupakan usaha yang bergerak di bidang even seperti marriage ceremony, ulang tahun, sunatan, lamaran, hantaran, photobooth wedding ceremony ataupun even lainnya. Selain berbisnis, Faisal juga aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia .

Dalam kurikulum perguruan tinggi perlu dimasukkan mata kuliah kewirausahaan pada program studi. Salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian dan ketangguhan ekonomi nasional adalah melalui pengembangan, pemantapan sikap, perilaku dan kemampuan serta minat berwirausaha. Dengan berkembangnya minat dan lahirnya wirausaha-wirausaha Slot Pragmatic nasional akan menjadi penggerak roda perekonomian nasional serta memacu pertumbuhan ekonomi nasional yang pada gilirannya akan memperkuat struktur perekonomian nasional. Upaya ini perlu didukung oleh semua kalangan baik unsur pemerintah, masyarakat termasuk mahasiswa maupun dunia usaha secara terarah dan berkesinambungan.

Marco