10 Masalah Yang Dihadapi Mahasiswa, Apakah Awak Mengalaminya?

“Berbeda secara KKN biasanya, mahasiswa tidak dapat mencairkan suasana karena hanya lewat dunia semu, ” ungkap Djarot. “Tidak ada jejak timbal balik daripada program yang kita buat yang bisa dirasakan masyarakat, ” kata Abduh Mubarak terkait kepuasannya melaksanakan program KKN daring. Abduh, salah wahid peserta KKN di Desa Trirejo, Purworejo, merasa tidak lega karena tidak ketemuan[cak] langsung dengan warga. Mahasiswa asal Fakultas Filsafat tersebut mengeluh kesulitan dalam menjerat dan menyampaikan hajat antara mahasiswa & masyarakat.

Widya Septyati selaku peserta kuliah lazim yang juga tahu belajar di Jepang selama setahun menyodorkan pengalamannya. Kekerasan erotis terhadap anak sebagai salah satu agenda subtantif selama tahun 2011 karena tren kasus kekerasan berahi terhadap anak makin meningkat. Tahun 2011 misalnya, dari 2266 pengaduan, 28 % berupa kasus kebengisan seksual seperti pelecehan seks, perkosaan, mau pun eksploitasi seks bermotifkan ekonomi. Pelaku kebengisan seks tidak sampai masyarakat awam akan tetapi juga kaum cendekia, bahkan beberapa di antaranya adalah pejabat publik. Beberapa perempuan dan anak perempuan yang bermigrasi sebagai istri dari orang berkebangsaan asing, telah ditipu dengan perkawinan. Dalam kasus semacam itu, para suami mereka memaksa istri-istri baru ini untuk bekerja untuk keluarga mereka dengan kondisi mirip perbudakan atau menjual mereka ke industri seks.

Sejak awal pandemi, operator seluler menyetujui bergerak proaktif buat mendukung aktivitas masyakarakat. Berbagai program pendukung diluncurkan, seperti kuota internet yang dengan khusus menyasar pasar pelajar. Mantan Menteri Pendidikan dan Kultur ini mengaku belum dapat menjelaskan dengan detail dari pola kerjasama dengan faksi provider tersebut. Lebih lanjut, Heru menuturkan, diperlukan formulasi agar pionir semacam ini tak dilakukan per lokasi, tapi menyeluruh.

Menurutnya, program KKN-PPM merupakan struktur peran serta akademisi, khususnya UGM, buat terlibat langsung pada kegiatan pengabdian ke masyarakat. “Apapun tantangan yang ada kudu dijalani dengan sepenuh hati, ” ujar Galuh. Berbeda daripada Wawien, Galuh Rafi Insan, dosen Fakultas Peternakan, menceritakan program KKN daring daripada tim yang dibimbingnya. Ia menjadi pengasuh pada dua waktu KKN yaitu waktu 1 dan waktu 6 di Kecamatan Kokap, Kulonprogo. Di periode 1 dengan dilaksanakan bulan Maret hingga April kemudian, Galuh mengatakan terjumpa perubahan teknis KKN.

Imbauan penguasa negara itu, disertai kelakuan untuk membatasi relasi antar anggota warga (social/physical distancing). Hasil pandemi Covid- 19 sangat serius, menjamah hampir seluruh buku kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Dituturkan bunda Alyana, cela satu orang uzur, bahwa dia tak bisa selalu mengiringi anaknya karena kudu bekerja pagi datang sore, tugas-tugas dengan diberikan oleh inang, baru dikerjakan malam hari, kadang tak maksimal mengerjakannya, sebab anak sudah menarung.

Tidak ada hambatan bekerja bagi pelajar

Setiap platform memberikan fasilitas yang dapat diakses secara umum dan gratis. Orang tua murid lainnya, Hilmi, mengatakan anaknya yang duduk dalam kelas satu pula mendapat tugas daripada sekolahnya. “Program KKN ini sangat dirasakan membawa manfaat, indah dari pihak bersekolah, dusun, maupun orang2 tua menyebutkan kalau KKN UGM datang di saat dengan tepat.

Kedudukan pendukung dari pembahasan disabilitas dan yang lain juga akan dieksplor dalam mendukung perbanyakan layanan pembelajaran siswa di sekolah. Di pembelajaran daring saja kebutuhan koneksi internet digital menjadi hal nun sangat penting di pelaksanaan pembelajaran daring. Namun kenyataan dalam lapangan membuktikan kalau banyak masyarakat nun mengeluhkan jaringan internet digital.